Kamis, 25 Juli 2013

Ini dia kunci sukses ala bapak jokowi

Siapa sih yang ga kenal Jokowi saat ini?
Joko widodo atau yang akrab di sapa Jokowi,dulunya memang anak kampung, tapi berkat kegigihan dan keuletannya, saat ini Jokowi sukses jadi seorang pengusaha sekaligus menjadi orang nomor satu di Jakarta yang notabene bukanlah tempat kelahirannya. Dan pada 17 Maret 2013 kemarin, Jokowi berbagi tips sukses kepada 3.000 peserta seminar wirausaha di Gedung Smesco, Jakarta.
Jokowi In Action! Sarungan dan sangat Santai
Jokowi In Action! Sarungan dan sangat Santai
Jokowi menceritakan pengalaman hidupnya hingga bisa menjadi seorang pengusaha dengan penuh semangat. Menurut Jokowi, kesuksesan yang di raihnya saat ini tidak diraih secara instan, melainkan melalui tahapan proses yang namanya kegigihan dan keuletan sehingga terlahir sifat wirausaha yang tahan banting dan pantang menyerah.
“Kalau menurut saya, wirausaha itu adalah bagaimana mengubah sesuatu sehingga punya nilai lebih,” ujar Jokowi.
“Saya tahunya hanya itu.”
Lahir dari keluarga yang biasa dan merasakan susahnya hidup seadanya membuat Jokowi muda bertekad menjadi seorang pengusaha. Dan akhirnya pada tahun 1988 di kota Solo, Jokowi merintis sebuah usaha di bidang meubel.
“Banyak orang yang mengatakan untuk wirausaha harus punya modal dulu, tapi menurut saya tidak, yang paling penting memulai usaha, jangan takut,” Lanjut Jokowi dengan penuh semangat menuturkan kisah kegigihannya.

Ya namanya juga merintis pasti ada kendala-kendala yang di rasakannya saat itu.mulai dari tidak mempunyai banyak modal sampai faktor suara-suara sekitar yang tidak enak di dengar. “Saya juga jualan dari pintu ke pintu, dari rumah ke rumah sampai 5 tahun, itu memang beratnya setengah mati. Tapi saya harus semangat maka saya kerja dari subuh ke subuh,” ujarnya menceritakan tentang overtime yang ia jalankan untuk mencari tambahan modal.
Kalo pengen jadi wirausaha sukses, harus fokus dan tekun dengan apa yang di kerjakan.
“Saya tidak punya apa-apa, saya tidak modal, ya lebihkan waktu kerjanya,” katanya.
Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan enam kunci sukses menjadi seorang wirausaha:
Kunci Yang pertama yaitu inovasi produk. Produk selalu di perbarui entah itu model atau tampilan,dan jangan berhenti berinovasi.
Kunci yang kedua,Lihat peluang dan manfaatkan. “Jangan sampai peluang itu lepas, mau jualan produk apa pun, kejar dan jangan lewatkan,” ujar dia.
Kunci ketiga, kerja keras.penuh semangat dan ulet. “Kita harus kuat, bekerja keras, kalau saya dari subuh sampai subuh, kalau tidak begitu, maka lupakan sukdes,” ujar Jokowi.
Kunci keempat yaitu konsistensi,ini sesulit saat kita mau memulai usaha.bagaimana daya tahan kita untuk mengelola usaha tersebut.
Kunci kelima, berani mengambil risiko, resiko untuk berhasil maupun resiko untuk lebih berhasil.
Ke-enam, harus mampu berkoordinasi dengan pihak lain dan jaring relasi.
“Kalau tidak berani jangan jadi wirasusaha, saya pernah kecemplung sungai tapi bangun lagi. Makanya saya sampai kurus begini,” katanya, sambil bercanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar